Fungsi Keluarga Dalam kehidupan Bermasyarakat

Fungsi Keluarga Dalam kehidupan Bermasyarakat – Keluarga merupakan tatanan atau unit terkecil dalam kehidupan bermasyarakat. Dimana dalam unit terkecil dalam masyarakat ini terdiri dari kepala keluarga, Ibu dan anak-anak. Dalam hal ini keluarga merupakan unit atau lembaga pertama dalam membentuk karakter pribadi seseorang atau anak sebelum terjun pada kehidupan sosial yang lebih luas. Maka dari itu anda sebagai orang tua harus lebih peka dalam memberikan arahan yang baik, juga memberikan pemahaman tentang fungsi keluarga dalam kehidupan bermasyarakat.

Fungsi Keluarga Dalam kehidupan Bermasyarakat

Tatanan terkecil dalam masyarakat ini memiliki banyak fungsi seperti fungsi psikologis, sosialisasi, perlindungan dan banyak lagi fungsi lainnya. Keluarga sebagai fungsi psikologis artinya yaitu dimana seorang anak akan mendapatkan rasa kasih sayang yang benar-benar sangat berpengaruh pada kepribadiannya nanti. Ini bisa kita lihat bagaimana perjuangan orang tua dari mulai mengurus anak, membesarkan, dan memberikan arahan yang baik dengan perasaan penuh kasih sayang. Secara tidak langsung itu mengajarkan dan membentuk karakter seorang anak untuk selalu menyayangi sesama saat nanti hidup bermasyarakat.

Baca juga : 4 Tips Sederhana Menjaga Kebersihan Lingkungan

Selain sebagai fungsi psikologis, keluarga juga memiliki fungsi sebagai fungsi sosialisasi. Maksudnya yaitu keluarga merupakan tempat yang paling utama dalam berinteraksi satu sama lainnya. Fungsi ini memiliki peranan yang sangat penting untuk kehidupan anak-anak nantinya. Karena interaksi yang baik atau sosialisasi dalam keluarga bisa membentuk peran seorang anak saat hidup bermasyarakat. Hal ini bisa anda lakukan misalnya mengajak anak-anak ngobrol, berkumpul bersama anggota keluarga lainnya. Dan untuk lebih mempererat rasa kekeluargaan dan rasa saling memiliki, bisa juga sambil menikmati secangkir teh sariwangi yang memiliki aroma khas teh asli pilihan.

Adapun fungsi keluarga lainnya yaitu sebagai fungsi perlindungan. Fungsi ini memiliki tujuan untuk memberikan perlindungan atau melindungi anak dari hal dan tindakan yang kurang baik. Dimana keluarga merupakan tempat perlindungan yang bisa membuat mereka (anak-anak) merasa aman dan nyaman. Perlindungan tersebut bisa anda lakukan dengan cara melindunginya dari ancaman yang berhubungan dengan fisik, ekonomis dan juga psikologisnya. Misalnya dengan memberikan pengarahan yang baik jika anak melakukan kesalahan, memenuhi setiap kebutuhan yang diperlukannya, dan mendidik anak dengan menyekolahkannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s