Cara Mencegah Penyakit Jantung dengan Makanan Sehat

Cara Mencegah Penyakit Jantung dengan Makanan Sehat – Serangan jantung saat ini telah menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Anda pastinya tidak ingin menjadi salah satu korban dari penyakit mematiakn ini. Untuk itu, artikel ini akan memberikan informasi mengenai cara mencegah penyakit jantung yang sederhana yakni dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Para penderita penyakit jantung beresiko tinggi untuk mengalami serangan jantung mendadak yang mematikan dan bahaya stroke di hari tuanya. Penyakit jantung biasanya dipicu oleh banyaknya kolesterol yang masuk ke dalam tubuh. Untuk menghindari menumpuknya kolesterol dalam tubuh, hindari makanan-makanan berlemah dan makanan cepat saji dan perbanyak makan makanan sehat seperti sayur dan buah.

Cara Mencegah Penyakit Jantung dengan Makanan Sehat

Beberapa jenis makanan yang termasuk dalam cara mencegah penyakit jantung antara lain sebagai berikut:

  1. Yogurt

Penelitian menunjukan yogurt dapat melindungi seseorang dari penyakit gusi. Gusi yang sehat dapat menurunkan resiko penyakit jantung pada seseorang karena bakteri yang terdapat dalam mulut dapat menurunkan sistem imun tubuh gingga member masalah pada kinerja jantung.

Baca juga : Cara Mengatasi Kolesterol Dengan Konsumsi Makanan Sehat

  1. Biji-bijian

Orang yang mengkonsumsi biji-bijian umumnya memiliki tubuh lebih ramping yang memiliki resiko penyakit jantung lebih rendah dari pada penderita obesitas.

  1. Kacang hijau

Kacang hijau kaya akan serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Ikan salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah dan dapat membantu mencegah irama jantung yang tidak teratur.

  1. Apel

Flavonoid dalam apel memiliki peran untuk mencegah oksidari kolesterol jahat dan penumpukan plak dalam arteri.

Selain beberapa makanan sehat diatas, masih banyak lagi jenis buah, sayur, serta kacang-kacangan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah terjadinya penyakit jantung. Beberapa produk seperti Tropicana slim sudah memperhatikan kadar kolesterol dalam produk mereka yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung terjadi pada diri kita. Tropicana mengeluarkan beberapa produk rendah kalori seperti gula, mie indtan, dan lain sebagainya, serta mengajak kita untuk melakukan pola hidup sehat. Pola hifup sehat merupakan cara mencegah penyakit jantung ynag paling mudah yang bisa kita lakukan.

Fungsi Keluarga Dalam kehidupan Bermasyarakat

Fungsi Keluarga Dalam kehidupan Bermasyarakat – Keluarga merupakan tatanan atau unit terkecil dalam kehidupan bermasyarakat. Dimana dalam unit terkecil dalam masyarakat ini terdiri dari kepala keluarga, Ibu dan anak-anak. Dalam hal ini keluarga merupakan unit atau lembaga pertama dalam membentuk karakter pribadi seseorang atau anak sebelum terjun pada kehidupan sosial yang lebih luas. Maka dari itu anda sebagai orang tua harus lebih peka dalam memberikan arahan yang baik, juga memberikan pemahaman tentang fungsi keluarga dalam kehidupan bermasyarakat.

Fungsi Keluarga Dalam kehidupan Bermasyarakat

Tatanan terkecil dalam masyarakat ini memiliki banyak fungsi seperti fungsi psikologis, sosialisasi, perlindungan dan banyak lagi fungsi lainnya. Keluarga sebagai fungsi psikologis artinya yaitu dimana seorang anak akan mendapatkan rasa kasih sayang yang benar-benar sangat berpengaruh pada kepribadiannya nanti. Ini bisa kita lihat bagaimana perjuangan orang tua dari mulai mengurus anak, membesarkan, dan memberikan arahan yang baik dengan perasaan penuh kasih sayang. Secara tidak langsung itu mengajarkan dan membentuk karakter seorang anak untuk selalu menyayangi sesama saat nanti hidup bermasyarakat.

Baca juga : 4 Tips Sederhana Menjaga Kebersihan Lingkungan

Selain sebagai fungsi psikologis, keluarga juga memiliki fungsi sebagai fungsi sosialisasi. Maksudnya yaitu keluarga merupakan tempat yang paling utama dalam berinteraksi satu sama lainnya. Fungsi ini memiliki peranan yang sangat penting untuk kehidupan anak-anak nantinya. Karena interaksi yang baik atau sosialisasi dalam keluarga bisa membentuk peran seorang anak saat hidup bermasyarakat. Hal ini bisa anda lakukan misalnya mengajak anak-anak ngobrol, berkumpul bersama anggota keluarga lainnya. Dan untuk lebih mempererat rasa kekeluargaan dan rasa saling memiliki, bisa juga sambil menikmati secangkir teh sariwangi yang memiliki aroma khas teh asli pilihan.

Adapun fungsi keluarga lainnya yaitu sebagai fungsi perlindungan. Fungsi ini memiliki tujuan untuk memberikan perlindungan atau melindungi anak dari hal dan tindakan yang kurang baik. Dimana keluarga merupakan tempat perlindungan yang bisa membuat mereka (anak-anak) merasa aman dan nyaman. Perlindungan tersebut bisa anda lakukan dengan cara melindunginya dari ancaman yang berhubungan dengan fisik, ekonomis dan juga psikologisnya. Misalnya dengan memberikan pengarahan yang baik jika anak melakukan kesalahan, memenuhi setiap kebutuhan yang diperlukannya, dan mendidik anak dengan menyekolahkannya.

HIDUP SEHAT TANPA TEKANAN DARAH TINGGI

HIDUP SEHAT TANPA TEKANAN DARAH TINGGI – Kaum muda selalu identik dengan image ceria, sehat, dan penuh dengan semangat. Akan tetapi, siapa sangka jika kaum muda pun bisa memiliki image murung, sakit, dan tidak bergairah. Ya, tingkat mobilitas yang sangat tinggi yang dimiliki oleh kaum muda bisa menjadi penyebabnya. Pada saat ini, kaum muda seolah sudah berbeda dengan dahulu dimana saat ini aktifitas yang dimiliki kaum muda tak berbeda dengan orang tua, contohnya banyak sekali pengusaha muda, pekerja muda, hingga aktifitas remaja yang berlebihan saat ini. Semua itu bisa memicu penyakit, salah satunya adalah tekanan darah tinggi. Jika sudah terkena penyakit ini, mau tidak mau kita harus segera menanganinya, seperti dengan makan makanan penurun darah tinggi, berolah raga, dan istirahat yang cukup.

HIDUP SEHAT TANPA TEKANAN DARAH TINGGI

Secara sederhana, kita sebagai kaum muda bisa hidup sehat tanpa tekanan darah tinggi atau hipertensi dengan cara:

  1. Rutinlah berolah raga.

Malas berolah raga bukan hanya beresiko memunculkan penyakit hipertensi, tetapi juga penyakit – penyakit lainnya. pasalnya, setiap hari kita selalu makan dan makanan tersebut perlu di cerna dengan baik dan dimetabolisme dalam tubuh. salah satu contoh metabolisme itu ada dalam bentuk keringat dan bisa dikeluarkan lewat jalan olah raga. Membiarkan tubuh tanpa olah raga sama artinya dengan menumpuk penyakit dalam tubuh.

baca juga : Cara Membersihkan Lemak Secara Cepat dengan Jeruk Nipis

  1. Makan makanan penurun darah tinggi

Beberapa contoh makanan yang bisa anda konsumsi adalah buah pisang, coklat hitam, yoghurt, dan buah bit. Dalam buah pisang terdapat kandungan kalium yang berfungsi untuk menyeimbangkan cairan tubuh juga menurunkan tekanan darah. Coklat hitam pun memiliki fungsi menurunkan tekanan darah. Manfaat yang sama pun dapat anda peroleh dari yoghurt dan segelas jus bit setiap hari.

  1. Jauhi rokok

Kita mungkin tak asing dengan himbauan pada bungkuns rokok jika rokok dapat menimbulkan hipertensi. Hal ini bukan tanpa alasan karena zat nikotin dalam rokok bisa memicu gerak jantung lebih cepat. Tekanan jantung yang lebih cepat ini secara otomatis dapat meningkatkan tekanan darah pula.

Cara Membersihkan Lemak Secara Cepat dengan Jeruk Nipis

Cara Membersihkan Lemak Secara Cepat dengan Jeruk Nipis – Lemak merupakan salah satu noda membandel, cara membersihkan lemak secara cepat ini bisa dilakukan dengan mudah apabila kita sudah mengetahui caranya. Ada banyak cara sebenarnya yang dapat kita lakukan sesuai dengan kebutuhan kita. Sebagai orang yang tidak biasa mencuci maka pasti akan sangat menyulitkan sekali. Tetapi tidak perlu khawatir karena masih ada beberapa cara mudah untuk mencuci dengan cepat dan dipastikan semua lemak pasti hilang.

Cara Membersihkan Lemak Secara Cepat dengan Jeruk Nipis

Ketika kita akan mencuci maka kita juga bisa memilih bahan alami sebagai cairan untuk membantu menghilangkan segala noda yang ada di piring atau perabotan tersebut. Ada baiknya untuk kita melakukan pencucian ini dengan tepat agar lemak bisa hilang. Berikut ini adalah tips mencuci perabotan lemak ini antara lain:

baca juga : 4 Tips Sederhana Menjaga Kebersihan Lingkungan

  1. Pertama bersihkan dahulu permukaan piring atau perabotan menggunakan air bersih untuk menghilangkan lemak yang ada pada permukaannya. Meskipun lemak tidak hilang semua tetapi akan berkurang.
  2. Kedua kita bisa memeraskan jeruk nipis pada perabotan atau piring tersebut, setelah itu bisa kita diamkan selama beberapa saat.
  3. Jika sudah maka kita bisa bilas perabotan tersebut menggunakan air bersih kembali karena akan membuat perasan hilang dan lemak akan ikut luntur
  4. Apabila belum bersih maka kita bisa mencucinya kembali dengan sabun.

Beberapa tips singkirkan lemak dengan cepat diatas sudah pernah diuji coba oleh beberapa perusahaan sehingga jeruk nipis memang bisa dijadikan bahan untuk mencuci, apabila tidak pernah dicoba pastinya akan tidak tahu cara menentukan apakah ini benar atau tidak. Jadi jangan sampai ini tidak dilakukan dengan baik.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mencuci seperti air apa yang kita gunakan karena ada beberapa jenis air yang bisa membuat cucian semakin licin. Cara membersihkan lemak secara cepat ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan sabun sunlight yang aman dan juga higienis. Pastikan sabun ini juga sudah lulus uji standar untuk produk rumah tangga yang aman dan bersahabat.

Cara Mengatasi Kolesterol Dengan Konsumsi Makanan Sehat

Cara Mengatasi Kolesterol Dengan Konsumsi Makanan Sehat – Ada anggapan yang telah berakar kuat di masyarakat yang menyebutkan bahwa penyakit kolesterol hanya dialami oleh orang orang kaya. Anggapan seperti itu keliru, karena berdasarkan fakta bahwa kolesterol tinggi juga dialami oleh semua orang tidak peduli dari status sosial mana mereka berasal. Banyak yang pusing dan bingung ketika kadar kolesterol sangat sulit untuk turun, padahal sebenarnya tidak terlalu sulit jika anda tahu cara caranya.

Cara Mengatasi Kolesterol Dengan Konsumsi Makanan Sehat

Penyebab kenapa kadar kolesterol seseorang sulit untuk kembali normal karena kebiasaan buruk yang tidak berubah, seperti mengkonsumsi lemak hewani dan minyak yang mengandung lemak jenuh tinggi. Mereka beranggapan tidak perlu takut lagi mengkosumsi lemak hewani karena selalu rutin minum obat dokter.

baca juga : Jika Anda Ingin Sehat, Minumlah Teh Hijau Karena Mempunyai Segudang Manfaat Dan Khasiat Untuk Anda

Perlu anda ketahui, obat dokter itu fungsinya hanya untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, jadi satu satunya jalan untuk mengatasinya adalah ubah pola hidup dan tinggalkan kebiasaan tidak baik yang dapat memicu penyakit kolesterol. Cara Mengatasi Kolestesol sebenarnya cukup simpel yakni anda dapat mencoba mengkonsumsi makanan makanan berikut.

 

  • Buah Delima

 

Mungkin anda belum pernah mencicipi buah delima, padahal khasiatnya sangat banyak terutama untuk menjaga kesehatan organ organ tubuh dari berbagai macam penyakit, kandungan Antioksidan berjenis polifenol yang mampu menurunkan kolesterol jahat. Disarankan untuk rutin mengkonsumsinya jika ingin merasakan khasiat-nya

 

  • Alpukat

 

Alpukat merupakan salah satu buah yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol karena mengandung lemak tak jenuh tinggi sehingga apabila dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan kadar LDL dalam darah karena lemak tak jenuh dan pitosterol pada alpukat dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

 

  • Kacang Almond

 

Kandungan lemak tak jenuh pada kacang almond sudah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol seseorang sebanyak 10 persen dengan hanya mengkonsumsi 73 gram kacang almond setiap hari selama satu bulan. Jika dikonsumsi lebih banyak lagi maka akan semakin cepat kadar LDL turun, HDL akan meningkat maka seseorang akan terbebas dari resiko serangan jantung dan stroke.

Jenis jenis makanan tersebut dapat anda coba sebagai terapi untuk mengatasi kolesterol, selama menjalani terapi tersebut, usahakan untuk mengurangi asupan gula harian anda dengan hanya menggunakan gula rendah kalori seperti Tropicana. Selain itu jangan lupa untuk olahraga secara teratur dan menerapkan pola hidup sehat maka dijamin kolesterol tinggi tidak akan datang lagi.

Jika Anda Ingin Sehat, Minumlah Teh Hijau Karena Mempunyai Segudang Manfaat Dan Khasiat Untuk Anda

Jika Anda Ingin Sehat, Minumlah Teh Hijau Karena Mempunyai Segudang Manfaat Dan Khasiat Untuk Anda – Budaya minum teh sudah ada sejak lama di Indonesia. Teh adalah minuman favorit yang dapat kita sajikan setiap hari bersama kehangatan keluarga. Di negara lain juga banyak yang sudah menjadi budaya minum teh setiap hari terlebih lagi teh hijau yang mempunyai khasiat dan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan anda. Memiliki kondisi tubuh yang sehat merupakan dambaan bagi setiap orang, untuk mengantisipasi supaya kita tidak banyak terserang penyakit salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan minum teh hijau setiap hari secara rutin. Manfaat dan khasiat teh hijau bagi kesehatan sangat banyak tetapi mungkin sebagian masyarakat jarang bahkan tidak tahu khasiat yang besar yang terkandung dalam teh hijau tersebut sehingga mereka tidak membiasakan minum teh ini setiap hari. Andaikan mereka lebih mengetahui kandungan dan manfaat teh ini maka pasti dengan secara rutin akan mengkonsumsi teh tersebut sebagai minuman wajib yang harus ada setiap hari.

Jika Anda Ingin Sehat, Minumlah Teh Hijau Karena Mempunyai Segudang Manfaat Dan Khasiat Untuk Anda

Rasanya yang khas dan berwarna hijau dapat dengan mudah kita kenali teh ini, anda tinggal menambahkan campuran bahan lain jika diperlukan agar rasanya lebih enak lagi. Meskipun mempunyai rasa pahit tapi teh ini sangat manjur untuk kesehatan kita. Berikut khasiat teh hijau untuk anda :

  1.         Mencegah diabetes

Kadar gula dalam darah yang tinggi menjadi penyebab penyakit ini. Teh hijau ini mempunyai kemampuan untuk menyeimbangkan kadar gula tersebut lebih stabil lagi serta dapat membakar lemak jahat dalam tubuh. Jadi anda harus sering-sering mengkonsumsi teh hijau tersebut.

baca juga : Makanan untuk Pola Hidup Sehat Penderita Penyakit Jantung

  1.         Menangkal radikal bebas

Banyak orang di dunia ini yang menjadikan teh hijau sebagai bahan kecantikan. Maka tidak salah jika mereka sudah memiliki uisa tua tetapi kulit mereka tetap mempunyai kesegaran dan kencang. Antioksidan dalam teh hijau yaitu polifenol melindungi tubuh dan kulit anda dari radikal bebas serta menghambat penuaan dini dan memperpanjang umur anda.

  1.         Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan flavanoid dalam teh hijau mampu bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga tubuh lebih kuat serta tahan terhadap serangan bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit.

Manfaat dan khasiat di atas yang dapat anda raih jika sering minum teh hijau, jadi mulai dari sekarang rajin-rajinlah minum teh hijau ini.

Makanan untuk Pola Hidup Sehat Penderita Penyakit Jantung

Makanan untuk Pola Hidup Sehat Penderita Penyakit Jantung – Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan karena dapat membunuh seseorang dalam hitungan detik. Terdapat beberapa penyebabnya dan salah satunya adalah karena adanya penyempitan pembuluh darah di sekitar jantung atau karena terjadi masalah pada karediovaskular. Penyakit jantung dapat dibedakan menjadi 2 yaitu penyakit jantung koroner dan jantung bengkak dan penderitanya harus menerapkan pola hidup sehat sesuai dengan kondisi kesehatan agar tidak membuat kesehatan menjadi semakin memburuk.

Makanan untuk Pola Hidup Sehat Penderita Penyakit Jantung

Untuk penyakit jantung koroner yang disebabkan karena adanya penyumbatan koroner dapat dihindari dengan melakukan pola makan yang sehat seperti menghindari stress terlalu berat, berhenti merokok dan alkohol serta mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan yang dimakan harus mengandung nutrisi dan vitamin seperti asam folat yang ada pada sari jeruk, kacang merah, bayam serta brokoli. Asupan lemak hanya boleh sekitar 30% dari total kalori, sedangkan karbohidrat hanya 50-60% dari total kalori.

Jenis kandungan pada makanan yang harus dipenuhi untuk penderita penyakit jantung koroner yaitu:

Baca juga : Inilah 5 Jumlah Kalori Makanan Asli Nusantara yang Harus Dihindari Saat Diet

  • Vitamin B6 dan vitamin E di daging ayam tanpa lemak seperti di bagian dada, alpukat, gandum, beras merah, kacang-kacangan, minyak sayur.
  • Beta karoten, serat dan lycopene untuk mengurangi kadar dari kolesterol dalam tubuh seperti di sayuran hijau, tomat dan wortel.
  • Flavonoid di buah apel, anggur, bawang dan pada teh tanpa menggunakan gula terlalu banyak atau gunakan Tropicana untuk memberikan rasa manis yang sehat.
  • Asam lemak omega3 di makanan laut seperti sarden, tuna, makarel.

Sedangkan pola makan sehat untuk penderita jantung bengkak karena kelainan, jarang berolahraga, otot hantung lemah, hipertensi dan karena rusaknya katup jantung, dapat mengkonsumsi makanan seperti:

  • Tomat yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh karena antioksidan yang dimiliki.
  • Bawang putih untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan dan meredakan rasa nyeri pada jantung.
  • Kacang-kacangan misalnya kacang tanah dan almon untuk menjaga kesehatan jantung dan meminimalisir adanya pembesaran yang terjadi pada otot jantung.
  • Hindari seafood, jeroan, bebek, daging berlemak dan makanan berkolestrol tinggi.