Menghilangkan Kotoran Pada Lensa Kacamata

Bagi anda yang menggunakan kacamata, membersihkan lensa pada kacamata merupakan hal yang mutlak untuk dilakukan karena sedikit saja kotoran pada lensa data mengganggu pandangan anda. Akan tetapi, jika cara menghilangkan kotoran pada lensa yang anda lakukan salah, alih-alih membersihkan lensa justru nampak goresan halus yang muncul di permukaan lensa kacamata anda. Membiarkan menggunakan lensa kacamata yang terdapat goresan halus dapat mengganggu pandangan anda dan bahkan dapat memperburuk kondisi penglihatan anda. Agar tidak merusak kualitas lensa, berikut beberapa langkah tepat untuk membersihkan lensa kacamata.

Sebagai permulaan, anda bisa membeli lensa yang sudah dilengkapi dengan teknologi anti debu dan anti gores. Tujuannya, agar anda tidak perlu terlalu sering menggosok permukaan lensa jika ada debu yang menempel yang dapat meningkatkan resiko tergoresnya lensa kacamata. Lensa jenis ini tentu harganya lebih mahal dari jenis lensa lain. Jika anda sudah terlanjur memiliki lensa kacamata yang tidak anti gores dan anti debu, maka perawatan sehari-hari yang anda lakukan harus dengan cara perawatan lensa yang lembut dan berhati-hati.

Hindari mengelap permukaan lensa dalam keadaan kering. Sebaiknya, semprot permukaan lensa terlebih dahulu menggunakan cairan pembersih khusus lensa kacamata yang banyak dijual di optik. Mengelap lensa dalam kondisi kering dapat memperbesar resiko timbulnya goresan halus yang permanen pada permukaan lensa. Hindari juga pemakaian alkohol untuk membersihkan lensa kacamata anda karena dapat merusak kualitas lensa.

Jangan mengelap lensa kacamata anda menggunakan kain baju atau pakaian. Ketika anda membeli kacamata, biasanya optik sudah menjualnya sepaket dengan kain khusus pembersih kaca mata dengan serat mikro dan permukaan lembut. Kain jenis ini aman digunakan pada untuk cara menghilangkan kotoran pada permukaan lensa karena minim menimbulkan goresan. Berbeda dengan kain pakaian yang biasanya berserat kasar.

Jika anda tidak memiliki cairan khusus pembersih kacamata, air sabun dapat menjadi pilihan aman untuk menghilangkan debu dan kotoran dari lensa. Caranya, celupkan lensa kacamata anda ke dalam air sabun. Hindari menggunakan air hangat. Setelah debu dan kotoran terangkat, bilas permukaan lensa dengan air mengalir lalu lap kacamata menggunakan lap serat mikro sampai benar-benar kering untuk menghindari munculnya jamur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s