Anak Mengalami Lecet, Bagaimana Ini ?

Kesehatan Anak

Kesehatan Anak

Anak-anak sering mengalami lecet saat mereka berjalan, berlari, dan bermain, karena anak-anak biasanya terlalu aktif dan kurang hati-hati. Luka lecet pada bisa mengganggu kesehatan anak karena dapat menyebabkan infeksi dan tetanus pada anak. Apa yang sebaiknya Anda lakukan saat anak mengalami lecet?
1. Tenangkan anak
Anak-anak biasanya akan menangis saat mengalami luka lecet. Lebih baik anda tenangkan dahulu anak sebelum anda bisa melanjutkan mengobati lukanya.
2. Bersihkan tangan anda
Cuci tangan anda dengan air dan sabun. Hal ini untuk mencegah berpindahnya kuman dari tangan anda ke luka lecet pada anak anda.
3. Bersihkan luka
Gunakan air bersih dari kran atau air matang untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada luka. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi.
4. Berikan antiseptik
Setelah luka benar-benar bersih berikan cairan antiseptik pada luka. Hindari penggunaan antiseptik yang memiliki alkohol, karena bisa menimbulkan rasa sakit.
5. Beri perban bila perlu
Luka lebih cepat sembut jika dibiarkan terbuka. Namun, ada kalanya anda perlu menutup luka anak untuk menghindari kotoran dan debu yang bisa masuk kedalam luka.
6. Birakan luka mengering
Jangan membuka atau menggaruk keropeng yang terbentuk meskipun gatal. Gatal yang anda rasakan adalah tanda bahwa proses penyembuhan sedang berlangsung.
7. Bawa kedokter
Jika luka tidak membaik dan menimbulkan infeksi yang dapat mengganggu kesehatan anak segera bawa anak anda kedokter untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Sumber . . .

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s