Karbohidrat Yang Bersahabat Untuk Diet

makanan diet

makanan diet

Diet sering diartikan sebagai cara untuk menurunkan badan meskipun arti sebenarnya diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi. Banyak orang memilih makanan diet dengan cara mengurangi konsumsi karbohidrat padahal karbohidrat adalah sumber tenaga bagi tubuh. Jika tubuh kekurangan karbohidrat maka badan menjadi lemas dan menjadi tidak sehat. Bagaimana caranya supaya karbohidrat tetap terpenuhi tetapi tubuh tidak menjadi lemas? Anda bisa mengkonsumsi karbohidrat yang berjenis karbohidrat kompleks karena memiliki indek glikemik (IG) yang rendah dan dapat terserap oleh tubuh secara perlahan.
Karbohidrat dengan IG rendah akan memberikan manfaat untuk program diet anda yaitu dengan memberikan rasa kenyang lebih lama. Berikut adalah sumber karbohidrat komplek yang bisa dimasukkan ke dalam makanan diet anda, yaitu :
1. Nasi merah
Untuk menghasilkan beras merah memerlukan proses yang sedikit sehingga tidak mengurangi nutrisi dalam beras. Beras merah didapat dari kulit beras yang dihilangkan lapisan luarnya. Dalam proses penggilingan dari beras merah menjadi beras putih bisa menghilangkan banyak vitamin, mineral, semua serat dan asam lemak esensial yang ada di dalamnya. Beras putih yang mengandung banyak karbohidrat dan serat yang rendah bisa mengakibatkan pencernaan glukosa lebih cepat sehingga resiko berat badan akan naik dan juga bisa menaikkan kadar gula darah. Sebaliknya beras merah memiliki nutrisi yang banyak dan bisa menjada kadar gula dalam darah.
2. Roti Gandum
Roti jenis ini akan cepat mengenyangkan, menyehatkan, bergizi, rendah lemak, dan mempunyai kandungan serat yang tinggi.

Sumber:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s