Uniknya Upacara Teh ala Korea

Teh Ala Korea

Teh Ala Korea

Selain di Jepang, upacara Minum Teh juga terdapat di Korea. Upacara minum teh ala Korea disebut darye. Sebagai bentuk kegiatan tradisional, upacara minum teh Korea telah dijaga oleh masyarakat negara tersebut selama lebih dari seribu tahun. Hakikat upacara minum teh Korea adalah kemudahan dan kealamian menikmati teh yang dibalut dalam aturan formal yang indah. Kini, upacara minum teh ala Korea semakin dihidupkan kembali sebagai salah satu cara untuk menemukan relaksasi dan harmoni dalam budaya Korea yang serba cepat. Dengan melakukan upacara minum teh yang santai dan tenang, orang-orang merasa mendapatkan kedamaian di tengah padatnya rutinitas.

Karena ditujukan untuk relaksasi, upacara minum teh ala Korea boleh menggunakan berbagai jenis teh dan makanan pendamping. Awalnya, jenis teh yang digunakan adalah teh hitam dan teh pu-erh yang terkenal di Cina. Namun kemudian juga termasuk teh hijau dan teh-teh herbal seperti teh krisan dan teh daun kesemek. Sementara untuk makanan pendamping, umumnya adalah kue, biskuit, dan makanan ringan lain.

Sementara untuk peralatan, upacara minum teh ala Korea menggunakan berbagai peralatan dari keramik. Peralatan yang digunakan tersebut sangat bervariasi mengikuti musim. Dan karena menurut sejarah upacara minum teh Korea dipengaruhi oleh agama Budha dan ajaran animisme Jepang, maka terdapat perbedaan pula menurut kepercayaan yang dianut. Perbedaan-perbedaan tersebut membuat jenis upacara Minum Teh ala Korea sangat beragam dan menarik untuk dipelajari.

Sumber..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s