Perawatan Dasar Bagi Bayi

Perawatan Bayi

Perawatan Bayi

Tangis bayi yang baru lahir tentu akan membawa suasan yang lain di dalam rumah terlebih apabila bayi tersebut sudah lama ditunggu oleh pasangan. Bayi baru lahir tentu akan sangat bergantung pada orangtua terutama ibu. Oleh karena itu, paling tidak ibu harus memahami beberapa cara perawatan bayi baru lahir yang paling dasar. Makan dan buang air merupakan kegiatan dasar yang dilakukan oleh bayi dan orangtua perlu memahami pola aktivitas dan cara perawatannya dengan benar.

Makan
Bayi yang masih pada usia bulan awal biasanya akan menangis jika merasa lapar. Untuk itu, ibu bisa memberi makan kepada bayi agar bayi berhenti menangis. Nah, pada bulan awal, ibu haru menyusui bayi baru lahir cukup sering karena bayi mempunyai dorongan untuk makan lagi dan lagi. Hal ini disebabkan oleh sensasi batu yang dirasakan oleh bayi berupa rasa lapar itu sendiri. Perlu diingat bahwa saat bayi masih berada di rahim ibu, bayi tidak pernah mengalami rasa lapar karena plasenta terus menyuplai makanan tanpa henti.

Buang Air
Tantangan dasar selanjutnya yang harus dihadapi oleh orang tua yang baru mempunyai bayi adalah waktu buang air baik buang air besar atau kecil yang belum teratur. Sebagai cara perawatan bayi baru lahir setelah pipis atau buang air besar, ibu perlu segera mengganti popok. Alat kelamin perlu dibersihkan. Agar bayi tidak mengalami ruam popok, krim bisa dioleskan di pantat dan lipatan paha.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s